RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMA PGRI 1 Sindang
Mata Pelajaran :
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester :
XII / 5
Pertemuan ke :
1
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
1. STANDAR KOMPETENSI
1. Memahami CorelDRAW X3 sebagai program pengolah gambar
2. KOMPETENSI DASAR
1.1 Menjelaskan gambar vektor dan bitmap
3. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.1.1 Siswa dapat mengenali gambar bitmap
1.1.2 Siswa dapat mengenali gambar vektor
4. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari
materi ini siswa diharapkan dapat:
·
Mengenali, dengan gemar membaca dan rasa tahu yang
tinggi, gambar bitmap
·
Mengetahui, dengan gemar membaca dan komunikatif,
gambar vektor
5. MATERI AJAR
·
Gambar bitmap & Gambar vektor
6. METODE PEMBELAJARAN
·
Diskusi
kelompok
·
Tanya jawab
·
Penugasan
7. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan
1
a.
Kegiatan Awal
·
Guru dan
siswa saling tegur sapa
·
Guru
mengecek kehadiran siswa
·
Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok
Apersepsi:
·
Siswa diingatkan kembali tentang gambar bitmap dan gambar vektor
Motivasi:
·
Memotivasi
akan pentingnya mengenal gambar bitmap dan gambar vektor
b. Kegiatan
Inti:
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·
Pada Pertemuan pertama guru melakukan diskusi dengan siswa berkaitan dengan
gambar bitmap dan gambar vektor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Dengan berdiskusi dan Tanya jawab siswa menanyakan seputar pengetahuannya mengenai gambar bitmap dan gambar vektor
·
Dengan berdiskusi dan mengerjakan soal siswa mengolah pengetahuannya dengan menjawab soal
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum
diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Rasa ingin tahu, Jujur);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum
diketahui. (nilai yang ditanamkan: Mandiri, Kreatif, Komunikatif, Gemar membaca)
c. Penutup :
1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk
membuat rangkuman materi
2. Siswa dan guru melakukan refleksi
3. Guru memberikan tugas rumah (PR)
4. Guru memberitahukan kepada siswa materi yang
akan mereka tentang materi yang akan mereka pelajari di pertemuan selanjutnya
8. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
A. Sumber Pembelajaran
1). Buku Paket : Teknologi Informasi & Komunikasi SMA, Agung Novian, Dudung. Pusat perbukuan,
Kemendiknas,2010
B. Alat Bantu
1). Komputer
9. PENILAIAN / ASSESSMENT
Kisi-kisi Penilaian Kognitif.
Pertemuan Pertama
Jenis Sekolah
|
: SMA PGRI 1
Sindang
|
|
Alokasi Waktu
|
: 20 Menit
|
Mata Pelajaran
|
: TIK
|
|
Jumlah Soal
|
: 4 soal
|
Kurikulum
|
: KTSP
|
|
Penulis
|
: Rio Zeni M
|
No
|
Kompetensi Dasar/Indikator
|
Bahan
Kelas/
Semester
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk
Tes
|
No
Soal
|
1
|
Menjelaskan gambar
vektor & gambar bitmap
·
Siswa dapat mengenali gambar bitmap
·
Siswa dapat
mengenali gambar bitmap
|
XII / 5
|
● Gambar bitmap dan gambar vektor
|
Peserta didik mampu menjelaskan penger-tian gambar
bitmap
Peserta didik mampu menyebutkan soft-ware berbasis
bitmap
Peserta didik mampu mengetahui pengertian gambar
vektor
Peserta didik mampu menyebutkan software berbasis
vektor
|
Tes Tulis
|
1
2
3
4
|
Pedoman
Penskoran
Jenis Sekolah
|
: SMA PGRI 1 Sindang
|
|
Penulis
|
: Rio Zeni M
|
Mata Pelajaran
|
: TIK
|
|
Tahun Pelajaran
|
: 2016/2017
|
Bahan Kelas
|
: XII
|
|
Bentuk Tes
|
: Tes Tulis
|
|
|
|
|
|
Soal Ulangan Harian
|
1.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan gambar
Bitmap !
2.
Sebutkan software yang berbasis bitmap?
3.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan gambar
vektor !
4. Sebutkan
software yang berbasis vektor?
|
No
|
Kriteria/Jawaban
|
Skor
|
1
2
3
4
|
Gambar bitmap adalah
gambar yang terdiri atas sekumpulan titik-titik (pixel) yang berdiri sendiri dan mempunyai warna sendiri.
Kumpulan titik-titik ini membentuk sebuah gambar.
Software yang berbasis bitmap adalah Adobe Photoshop,
Paint, dan CorelPhotoPaint.
Gambar vektor adalah gambar yang dibuat dari unsur garis dan kurva.
Kumpulan dari beberapa garis dan kurva ini membentuk suatu objek atau gambar.
Software yang digunakan untuk
membuat gambar vektor antara lain CorelDRAW, Macromedia Freehand, dan Adobe
Illustrator.
|
29
21
29
21
|
|
Nilai
= (jumlah skor : skor maksimal) x 100
|
|
Mengetahui
|
|
Indramayu, 13 Juli 2016
|
Kepala SMA PGRI 1 Sindang
Khaeril Anwar, S.Pd.Ing
|
|
Guru Mata Pelajaran,
Rio Zeni Mandraguna, S.Pd
|
No comments:
Post a Comment