Mari Berbagi Ilmu: RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Followers

Wednesday 13 July 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah             : SMA PGRI 1 Sindang
Mata Pelajaran            : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester            : XII / 5
Pertemuan ke              : 1
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit

1.   STANDAR KOMPETENSI
1. Memahami CorelDRAW X3 sebagai program pengolah gambar

2.   KOMPETENSI DASAR
1.1 Menjelaskan gambar vektor dan bitmap

3.   INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.1.1 Siswa dapat mengenali gambar bitmap
1.1.2 Siswa dapat mengenali gambar vektor

4.   TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat:
·         Mengenali, dengan gemar membaca dan rasa tahu yang tinggi, gambar bitmap
·         Mengetahui, dengan gemar membaca dan komunikatif, gambar vektor

5.   MATERI AJAR
·            Gambar bitmap & Gambar vektor

6.   METODE PEMBELAJARAN
·      Diskusi kelompok
·      Tanya jawab
·      Penugasan

7.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
           Pertemuan 1
              a. Kegiatan Awal
·      Guru dan siswa saling tegur sapa
·      Guru mengecek kehadiran siswa
·      Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
Apersepsi:
·      Siswa diingatkan kembali tentang gambar bitmap dan gambar vektor
Motivasi:
·      Memotivasi akan pentingnya mengenal gambar bitmap dan gambar vektor
b. Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·      Pada Pertemuan pertama guru melakukan diskusi dengan siswa berkaitan dengan gambar bitmap dan gambar vektor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·      Dengan berdiskusi dan Tanya jawab siswa menanyakan seputar pengetahuannya mengenai gambar bitmap dan gambar vektor
·      Dengan berdiskusi dan mengerjakan soal siswa mengolah pengetahuannya dengan menjawab soal
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·      Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Rasa ingin tahu, Jujur);
·      Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Mandiri, Kreatif, Komunikatif, Gemar membaca)
c. Penutup :
1.  Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2.  Siswa dan guru melakukan refleksi
3.  Guru memberikan tugas rumah (PR)
4.  Guru memberitahukan kepada siswa materi yang akan mereka tentang materi yang akan mereka pelajari di pertemuan selanjutnya

8.   ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR

        A. Sumber Pembelajaran
1). Buku Paket : Teknologi Informasi & Komunikasi SMA, Agung  Novian, Dudung. Pusat perbukuan, Kemendiknas,2010
        B. Alat Bantu
1). Komputer

9.     PENILAIAN / ASSESSMENT

Kisi-kisi Penilaian Kognitif.

Pertemuan Pertama

Jenis Sekolah
: SMA PGRI 1
  Sindang

Alokasi Waktu
: 20 Menit
Mata Pelajaran
: TIK

Jumlah Soal
: 4 soal
Kurikulum
: KTSP

Penulis
: Rio Zeni M

No
Kompetensi Dasar/Indikator
Bahan
Kelas/
Semester
Materi
Indikator Soal
Bentuk
Tes
No
Soal
1







Menjelaskan gambar vektor & gambar bitmap
·    Siswa dapat mengenali gambar bitmap
·    Siswa dapat
mengenali gambar bitmap
XII / 5
Gambar bitmap dan gambar vektor
Peserta didik mampu menjelaskan penger-tian gambar bitmap

Peserta didik mampu menyebutkan soft-ware berbasis bitmap

Peserta didik mampu mengetahui pengertian gambar vektor

Peserta didik mampu menyebutkan software berbasis vektor
Tes Tulis
1



2



3



4

Pedoman Penskoran

Jenis Sekolah
: SMA PGRI 1 Sindang

Penulis
: Rio Zeni M
Mata Pelajaran
: TIK

Tahun Pelajaran
: 2016/2017
Bahan Kelas
: XII

Bentuk Tes
: Tes Tulis





Soal Ulangan Harian

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan gambar
    Bitmap !
2. Sebutkan software yang berbasis bitmap?
3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan gambar
    vektor !
4. Sebutkan software yang berbasis vektor?


No
Kriteria/Jawaban
Skor
1



2


3



4


Gambar bitmap adalah gambar yang terdiri atas sekumpulan titik-titik (pixel) yang berdiri sendiri dan mempunyai warna sendiri. Kumpulan titik-titik ini membentuk sebuah gambar.

Software yang berbasis bitmap adalah Adobe Photoshop, Paint, dan CorelPhotoPaint.

Gambar vektor adalah gambar yang dibuat dari unsur garis dan kurva. Kumpulan dari beberapa garis dan kurva ini membentuk suatu objek atau gambar.

Software yang digunakan untuk membuat gambar vektor antara lain CorelDRAW, Macromedia Freehand, dan Adobe Illustrator.

29



21


29



21



Nilai = (jumlah skor : skor maksimal) x 100








Mengetahui

Indramayu, 13 Juli 2016
Kepala SMA PGRI 1 Sindang




Khaeril Anwar, S.Pd.Ing

Guru Mata Pelajaran,




Rio Zeni Mandraguna, S.Pd




No comments:

Post a Comment