Mari Berbagi Ilmu: Pembahasan Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas XII

Followers

Saturday 5 October 2019

Pembahasan Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas XII

Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat pagi semua, pada kesempatan kali ini, saya akan membahas soal PTS bahasa indonesia kelas xii. Apakah kalian semua sudah siap?

1.     Kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang tepat adalah ….
a.    Besar harapan saya Bapak sudi menerimanya.
b.   Terima kasih atas perhatiannya, semoga saya diterima.
c.    Jika Bapak berkenan, saya harturkan banyak terima kasih.
d.   Atas perhatiannya, saya sampaikan terima kasih banyak.
e.    Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih
Jawaban
E
2.   Bacalah iklan berikut dengan saksama!

Lowongan Kerja
Perusahaan distributor makanan membutuhkan:
Tenaga Chief Account
• Wanita
• Pengalaman minimal 10 tahun
• Menguasai komputer & program
Lamaran datang langsung setiap hari sabtu ke alamat:
Komplek Perdagangan Sunter Muara Blok B, No. 18 Jakarta Utara
Konfirmasi hari Senin-Jumat (Ibu Agung)
Telepon 121 – 6516353
Kompas, 28 Januari 2011

Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang tepat berdasarkan iklan tersebut adalah ….
a.    Memenuhi iklan daripada harian Kompas, 28 Januari 2011, saya bermaksud mengisi lowongan sebagai tenaga ….
b.   Sesuai dengan keinginan dan pendidikan saya memenuhi persyaratan yang dimuat di harian Kompas, maka saya ….
c.    Sehubungan dengan iklan yang dimuat pada harian Kompas, 28 Januari 2011, saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai tenaga ….
d.   Melalui iklan yang terbaca di  harian Kompas, 28 Januari 2011, maka saya ingin melamar sebagai tenaga …..
e.    Melalui surat ini, saya mengajukkan lamaran sesuai iklan dari Bapak/Ibu di harian Kompas, saya ingin melamar ….
Jawaban
C
3.   Bacalah iklan berikut dengan seksama!

PERUSAHAAN BUILDING MATERIAL
MEMBUTUHKAN SEGERA MARKETING EXE P/W pengalaman min.2 tahun di bidang marketing Punya kendaraan sendiri. Lamaran lengkap dikirim ke:
Jalan Sunter Agung Utara Raya Blok DI/5B Jak-Ut 14350
Kompas, 6 Oktober 2011

Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang sesuai dengan iklan tersebut adalah ….
a.    Sehubungan dengan iklan, pada harian Kompas, 6 Oktober 2011, tentang lowongan sebagai Marketing Exe, dengan ini saya mengajukan lamaran pekerjaan ….
b.   Setelah membaca iklan harian Kompas, 6 Oktober 2011 tentang lowongan kerja Marketing Exe, dengan ini saya ….
c.    Berdasarkan iklan harian Kompas, 6 Oktober 2011 yang memuat tentang dibutuhkannya Marketing Exe, saya memberanikan diri melamar pekerjaan
d.   Sesuai dengan iklan dalam harian Kompas, 6 Oktober 2011 instansi Bapak/Ibu membutuhkan Marketing Exe dan pekerjaan itu sangat saya butuhkan, maka ….
e.    Melalui iklan dalam harian Kompas, 6 Oktober 2011, saya mendapatkan informasi bahwa Bapak/Ibu pemimpin membutuhkan Marketing Exe, dengan ini saya ….
Jawaban
A


4.   Bacalah iklan berikut dengan saksama!
Perusahaan farmasi nasional yang sedang berkembang pesat membuka peluang karier bagi Saudara/Saudari yang berdedikasi tinggi, berpenampilan menarik, mau bekerja keras. Dengan persyaratan sebagai berikut.
1. pendidikan S1, D3, SMF, SMA IPA dengan nilai matematika 6;
2. usia maksimal 27 tahun;
3. memiliki sepeda motor, SIM C; dan
4. bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia.
Segera kirimkan surat lamaran lengkap (CV, Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4 × 6 (2lbr), fotokopi STNK, Sim C, KTP, dan ijazah) ke PO BOX 4080/JKT 10040
Kompas, 20 Mei 2011

Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang tepat berdasarkan iklan tersebut adalah ….
a.    Sehubungan dengan iklan yang dimuat pada harian Kompas, maka saya menganjukan lamaran pekerjaan sebagai ….
b.   Sehubung dengan iklan yang dimuat di harian Kompas, 20 Mei 2011, saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai ….
c.    Sesuai dengan pendidikan dan kualifikasi saya, maka dengan ini saya bermaksud mengisi lowongan di harian Kompas.
d.   Melalui surat ini, saya mengajukan lamaran pekerjaan sesuai iklan di harian Kompas sebagai ….
e.    Memenuhi iklan di harian Kompas, 20 Mei 2011, saya melamar sesuai persyaratan yang ditentukan.
Jawaban
B
5.   Perhatikanlah penutup surat lamaran pekerjaan berikut!
Besar harapan saya dapat diterima di perusahaan yang Bapak pimpin. Atas kebaikannya, dihaturkannya terima kasih.
Kalimat yang tepat untuk memperbaiki kalimat penutup surat lamaran pekerjaan tersebut adalah ….
a.    Besar harapan saya, Bapak dapat mempertimbangkan lamaran saya. Atas kebijaksanaannya, diucapkan terima kasih.
b.   Besar harapan saya, Bapak dapat menerima saya. Atas kebijaksanaan Bapak, saya ucapkan terima kasih.
c.    Mohon Bapak dapat menerima saya. Atas kebijaksanaannya kepada saya, saya ucapkan terima kasih.
d.   Atas kebijaksanaan menerima saya di perusahaan Bapak, sayang mengucapkan terima kasih.
e.    Sudilah kiranya Bapak menerima saya. Atas kebijaksanaan Bapak , dihaturkan terima kasih.
Jawaban
D
      Perhatikanlah penggalan surat lamaran berikut ini untuk menjawab soal nomor 6!
      Dengan Hormat,
Berdasarkan iklan yang saya baca dalam harian kompas, 11 Oktober 2010, perusahaan yang Bapak pimpin membutuhkan tiga orang sarjana jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Sesuai dengan ijazah yang saya miliki maka saya … Mengajukan surat lamaran ini.
6.   Penulisan identitas surat lamaran pekerjaan yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang tersebut adalah ….
a.    Nama : Furi Abela
      TTL : Yogyakarta, 22 April 1982
      Alamat : Jalan Magelang 30, Yogyakarta
      Pendidikan : Sarjana Bahasa dan Sastra Indonesia
      Agama : Islam
b.   Nama : FURI ABELA
      TTL : YOGYAKARTA, 22-4-1982
      Alamat :JLN. MAGELANG 30, YOGYAKARTA
      Pendidikan : SARJANA BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
      Agama : ISLAM
c.    NAMA : FURI ABELA
      TTL: YOGYAKARTA, 22 APRIL 1982
      ALAMAT : JLN. MAGELANG 30, YOGYAKARTA
      PENDIDIKAN : SARJANA BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
      AGAMA : ISLAM
d.   nama : Furi Abela
      ttl : Yogyakarta, 22 april 1982
      alamat : Jalan Magelang 30, Yogyakarta
      Pendidikan : Sarjana Bahasa dan Sastra Indonesia
      Agama : Islam
e.    nama  : Furi Abela
      ttl  : Yogyakarta, 22-4-1982
      alamat : Jln. Magelang 30, Yogyakarta
      pendidikan : Sarjana Bahasa dan Sastra Indonesia
      agama : Islam
Jawaban
A


7.   Bacalah iklan berikut dengan seksama!
Perusahaan distributor mencari akunting, wanita, minimal D-3, IPK minimal 2.75, pengalaman minimal 1 tahun. Lamaran ditunjukan PO Box 475 Jkt. Kompas, 30 Desember 2010
      Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang sesuai dengan iklan tersebut adalah ….
a.    Sehubungan dengan iklan Bapak yang dimuat dalam harian Kompas, 30 Desember 2010 bahwa perusahaan Bapak membutuhkan seorang akunting yang berpengalaman, wanita, lulusan D-3, dan memiliki IPK minimal 2,75, dengan surat ini saya mengajukan surat lamaran pekerjaan.
b.   Setelah membaca iklan Bapak yang dimuat harian Kompas, 30 Desember 2010, saya tertarik dengan syarat-syarat yang Bapak tuliskan dalam iklan tersebut, kemudian saya mengajukan surat lamaran pekerjaan ini kepada Bapak agar diterima menjadi pegawai.
c.    Bapak memasang iklan lowongan pekerjaan dalam harian Kompas, 30 Desember 2010 dengan syarat-syarat wanita, lulusan D-3 akuntansi, dan memiliki IPK 2,75. Karena itu, saya mencoba mngajukan surat lamaran ini agar diterima sebagai karyawan baru di perusahaan Bapak.
d.   Perusahaan Bapak membutuhkan karyawan baru dengan syarat-syarat wanita, lulusan D-3 akuntansi, memiliki IPK 2,75. Saya merasa memenuhi persyaratan tersebut, maka saya mengajukan lamaran ini agar kiranya Bapak sudi menerima diri saya.
e.    Dalam harian Kompas, Bapak memasang iklan lowongan pekerjaan dengan syarat-syarat wanita, lulusan D-3, dan memiliki IPK di atas 2,75. Bersamaan dengan ini saya mengajukan surat lamaran pekerjaan kepada Bapak agar Bapak mau menerima saya bekerja.
Jawaban
E
8.   Kang Latif tersenyum “Karena saya tidak percaya kepada sistem yang melahirkan dan membesarkan penguasa yang begitu kejam seperti Stalin. Sama dengan tidak percaya saya kepada sistem yang melahirkan Hilter dan Mussolini. Dan sudah tentu melahirkan Amankurat yang dengan kejamnya membunuh santri-santri. Sistem-sistem seperti itu mengandung bibit-bibit kekerasan yang selalu akan mengambil Koran ribuan orang yang tidak bersalah!!
Saya terkejut mendengar suaranya Latif, kakang saya, yang lemah lembut, sopan penuh tata karma, dengan sekali tebas membabat tiga sistem kekuasaan yang besar.
(Para Priyayi, Umar Kayam:290)
Amanah penggalan novel di atas adalah ….
a.    Kita harus menghargai sikap dan pendapat seseorang.
b.   Jangan berprasangka buruk terhadap seseorang.
c.    Setiap orang mempunyai kelebihan.
d.   Kita harus percaya kepada seseorang.
e.    Kekuasaan menghasilkan kesewenang-wenangan.
Jawaban
B
9.   “anak tukang cukur itu mau menikah. Nasibnya baik. Dia mendapatkan jodoh seorang pegawai negeri. Siapa mengira, anak si tukang cukur, bisa mendapatkan jodohnya seorang pegawai kantoran.”
      Sudut pandang yang digunakan pengarang dalam kutipan tersebut adalah ….
a.    orang pertama sebagai tokoh utama.
b.   orang pertama sebagai tokoh sampingan.
c.    orang ketiga sebagai pencerita.
d.   orang pertama bukan tokoh utama.
e.    orang pertama dan ketiga.
Jawaban
C
10.    Bacalah kutipan paragraf cerita sejarah berikut dengan saksama! (untuk soal no.10-11)
Mata uang rupiah bukanlah satu-satunya mata uang yang pernah berlaku di Indonesia. Kerajaan Mataran lama, Sriwijaya, dan Majapahit telah mengenal dan menggunakan berbagai tipe “uang” yang umumnya berupa logam. Setelah kedatangan penjajah di Indonesia pun, Indonesia telah mengenal berbagai macam mata uang, termasuk sen dan gulden yang diterbitkan oleh De Javasche Bank khusus untuk dipergunakan di Hindia Belanda (Indonesia saat itu).
Struktur dalam kutipan teks tersebut adalah ….
A. orientasi
B. sumber berita
C. reorientasi
D. peristiwa
E. abstraksi
Jawaban
D

11.    Ciri bahasa yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah terdapat ….
         A. verba modifikatif
         B. verba apositif
         C. nomina koordinatif
         D. nomina apositif
         E. verba koordinatif
Jawaban
E
12.    Simaklah kutipan berita berikut!
Pemerintah Spanyol, Selasa (3/6), memulai penggantian raja untuk pertama kalinya dalam sejarah pasca Franco. Sementara ribuan orang anti kerajaan turun ke jalan di seluruh negeri mengimbau diadakannya referendum mengenai kerajaan.
Struktur teks dalam kutipan tersebut merupakan ….
A. orientasi
B. peristiwa
C. sumber berita
D. latar cerita
E. abstraksi
Jawaban
A
13.    Unsur-unsur yang tidak terdapat dalam teks cerita sejarah adalah ….
A. tokoh
B. kalimat persuasi
C. tempat terjadinya peristiwa
D. nama peristiwa
E. waktu terjadinya peristiwa
Jawaban
B
14.    Bacalah teks berikut!
Sebelum terbentuknya ASEAN pada 1967, beberapa negara di Asia Tenggara telah melakukan berbagai upaya untuk membentuk kerja sama regional di kawasan ini.
Yang merupakan frase verbal pada kalimat di atas adalah ...
A. beberapa negara di Asia Tenggara
B. kerja sama regional
C. telah melakukan
D. berbagai upaya
E. di kawasan ini   
Jawaban
C
15.    Bacalah teks berikut!
ECAFE dibentuk pada 28 Mei 1947 yang kemudian diubah menjadi ESCAP (Economic and Social Commission for Asia and the Pacific), yaitu badan khusus PBB yang banyak memberikan  inspirasi bagi pertumbuhan kerja sama regional di Asia Tenggara.
Kata yang mengalami nominalisasi dalam kalimat di atas adalah kata ...
A. dibentuk
B. inspirasi
C. kemudian
D. pertumbuhan
E. regional

Jawaban
D

Bagaimana? Apakah jawaban kalian benar semua? Jika belum, ayo berlatih lagi agar memperoleh nilai yang jauh lebih baik. Ingat practice make you perfect. Sampai jumpa di latihan selanjutnya.

No comments:

Post a Comment