Mari Berbagi Ilmu: 4 Buah Yang Wajib Dikonsumsi Untuk Jantung Sehat

Followers

Thursday 11 August 2016

4 Buah Yang Wajib Dikonsumsi Untuk Jantung Sehat


Jantung adalah rongga organ berotot yang memompa darah melalui pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang. Sarana jantung istilah yang terkait dengan jantung, dari kata Yunani cardia untuk jantung. Jantung adalah salah satu organ tubuh manusia yang berperan dalam sistem peredaran darah.Jantung terletak di rongga dada. Ukuran jantung kira-kira sebesar kepalan tangan dengan berat sekitar 300 gram. jantung dalam sistem sirkulasi berfungsi sebagai pompa darah. Jika penurunan fungsi jantung, kinerja jantung yang abnormal menyebabkan penyakit jantung. Ada beberapa jenis penyakit jantung disebabkan fungsi jantung yang abnormal sebagai berikut:







1. Penyakit Jantung Koroner Adalah penyumbatan pada pembuluh darah yang memberi makan otot jantung (arteri koroner) karena timbunan lemak dan kolesterol. Jika darah tidak mengalir sama sekali karena arteri koroner tersumbat, pasien dapat menderita serangan jantung fatal.

2. Penyakit Jantung Bocor Adalah suatu kondisi di mana ada lubang di septum jantung karena kelainan struktur jantung. Secara garis besar, penyakit ini merupakan penyakit bawaan. Dalam kasus jantung bocor, sirkulasi darah mengalir sirkulasi darah kotor ke net sehingga bayi menjadi biru. Jika terlalu banyak darah kotor sirkulasi darah beredar untuk membersihkan dan memasuki organ-organ vital seperti otak, bisa ada sesak napas, disertai kejang-kejang, dan bahkan kematian.


3. Penyakit Jantung Lemah Adalah suatu kondisi di mana jantung tidak dapat memompa cukup darah untuk jumlah anggota badan. Hal ini disebabkan semakin besar otot jantung sehingga kemampuannya untuk memompa akan ditolak. Ini adalah salah satu dari banyak konsekuensi dari tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Untuk mencegah penyakit tersebut, ada baiknya anda mengkonsumsi buah-buahan yang dapat membantu menjaga kesehatan anda, diantaranya :
1. Blueberry
blueberry mengandung senyawa anthocyanin dan flavonoid yang merupakan antioksidan-- dapat menurunkan tekanan darah dan melebarkan pembuluh darah.

2. Jeruk citrus
citrus jika dikonsumsi memiliki 19 persen risiko lebih rendah terserang stroke. Buah yang kaya akan vitamin C ini juga memiliki keuntungan bagi risiko penyakit jantung, dengan mengonsumsi buah jenis ini maka jantung akan sehat setiap saat.

3. Alpukat
alpukat mengandung lemak sehat yang baik untuk kesehatan jantung.

4. Delima
mengandung banyak antioksidan, termasuk polifenol yang berguna untuk mencegah pengerasan & menormalkan laju pembuluh darah pada jantung.

No comments:

Post a Comment