Materi PSPJ Kelas XI (Lanjutan Materi Bab 1)

 Lanjutan Materi

PGRI lahir sebagai wadah dan sarana perjuangan guru Indonesia untuk menggalang dan mewujudkan pengabdiannya melalui pembinaan profesinya, mengemban misi guru Indonesia mengembangkan pendidikan bangsa dalam rangka Pembangunan Nasional secara menyeluruh demi tercapainya masyarakat yang adil dan makmur lahir dan batin.

PGRI lahir dalam kongres guru-guru Indonesia (Kongres PGRI I) pada tanggal 25 November 1945 di Surakarta. Peristiwa ini merupakan salah satu manifestasi sikap dan keterlibatan perjuangan para guru Indonesia bersama-sama rakyat Indonesia lainnya, untuk merebut dan menegakkan kemerdekaan. Karenanya sesuai dengan hikmah kelahirannya, dasar, misi dan identitas PGRI merupakan refleksi dan cita-cita proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945, Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.




Berlandaskan pada latar belakang historis, sikap dan identitasnya, maka ciri pokok PGRI pertama adalah organisasi perjuangan dan kemudian sifat kedua adalah sebagai organisasi profesi guru, yang segala jiwa, semangat dan gerak langkahnya tetap bermuara pada perwujudan luhur perjuangan bangsa.

Comments

Popular posts from this blog

SOAL UJIAN NASIONAL : MATA PELAJARAN SOSIOLOGI

Contoh Soal Nama Gelar Bahasa Indonesia