Saturday, 19 November 2016

Contoh soal UKG 2015

SOAL MATERI PEDAGOGIK UKG 2015

1.   Serangkaian kegiatan untuk menetapkan ukuran terhadap suatu gejala menurut aturan tertentu adalah:
      a. pengukuran                     d.penilaian
b.. pengujian.                      e evaluasi
c . pensekoran

2.   Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat menentukan manfaat atau kegunaan suatu obyek atau program adalah:
      a. pengukuran                     d. penilaian
d. pengujian                       
            e. pensekoran
c. evaluasi

3.   Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmen hasil belajar peserta didik, kecuali:
      a.   ditujukan untuk mengukur pencapaian   kompetensi;
      b.   menggunakan acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi;
      c.   ditindaklanjuti dengan program remedial dan pengayaan;
      d.   dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yang jelek.
      e.   dilakukan sesuai dengan kegiatan pembelajaran;




4.     Assesmen hasil belajar peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:
        a. sahih (valid)
b. objektip,
c. adil,
d. kooperatip;
e. terpadu.

5.   Kemampuan yang berhubungan dengan minat dan sikap yang dapat berbentuk tanggung jawab, kerjasama, disiplin, komitmen, percaya diri, jujur, menghargai pendapat orang lain, dan kemampuan mengendalikan diri adalah kemampuan:
      a. kognitif
      b. afektif
      c. psikomotor
      d. psikologis
      e. kepribadian

Soal Siap UKG
6.   Di bawah ini merupakan beberapa kelebihan tes lisan, kecuali:
      a. dapat menilai kemampuan dan tingkat pengetahuan yang dimiliki peserta didik, sikap, serta kepribadiannya karena dilakukan secara berhadapan langsung;
      b. bagi peserta didik yang kemampuan berpikirnya relatif lambat sering mengalami kesukaran dalam memahami pernyataan soal,

      c. dapat dilakukan sesuai dengan kesepatakan antara pendidik dan peserta didik dalam menentukan waktu dan tempat tes.
      d. lebih obyektif bagi pendidik dalam memberikan penilaian.
      e. hasil tes dapat langsung diketahui peserta didik;

7.   Tes simulasi merupakan salah satu bentuk dari teknik penilaian:
      a. lisan
      b. prkatik/kinerja     
      c. penugasan
      d. portofolio
      e. penilaian diri

8.   Di bawah ini langkah-langkah penting dalam melakukan assesmen, kecuali:
      a. menentukan tujuan penilaian
      b. memperhatikan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD).
      c. menentukan jenis alat ukurnya, yaitu tes atau non-tes atau keduanya
      d. menyusun kisi-kisi tes dan pedoman penskorannya
      e. menentukan kriteria ketuntasan minimal

9.   Di bawah ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam penentuan materi terkait dengan assesmen, kecuali:
      a. urgensi, yaitu materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik,
      b. kontinuitas, yaitu materi lanjutan yang merupakan pendalaman dari satu atau
lebih materi yang sudah dipelajari sebelumnya,
      c. relevansi, yaitu materi yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami, mata pelajaran lain,
      d. keterpakaian, yaitu rnateri yang memiliki nilai terapan tinggi dalam kehidupan sehari-hari.
      e. ketuntasan, yaitu batas minimal kompetensi yang harus dimiliki peserta didik

10. Di bawah ini merupakan beberapa langkah-langkah dalam penyusunan butir
soal, kecuali:
a. menentukan tujuan tes;
b. menentukan kompetensi yang akan diujikan;
c. menentukan materi yang diujikan;
d. menentukan batas ketuntasan/kelulusan
e. menyusun kisi-kisi;






Soal Siap UKG Pedagogik 2015 untuk PAUD, SD, SMP, SMA/SMK

11. Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
a. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
b. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi
c. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
d. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.
e. ingatan, pemahaman, aplikasi síntesis, analisis, dan evaluasi

12. Norman E. Gronlund dan R.W. de Maclay mengembangkan domain
psicomotor dengan urutan berikut.
a. persepsi, respon terpimpin, mekanisme; kesiapan, respon yang kompleks,
organisasi, dan karakterisasi dari nilai.
b. persepsi, kesiapan, respon terpimpin, mekanisme; respon yang kompleks,
organisasi, dan karakterisasi dari nilai
c. persepsi, kesiapan, mekanisme, respon terpimpin respon yang kompleks,
organisasi, dan karakterisasi dari nilai
d. persepsi, kesiapan, respon yang kompleks respon terpimpin, mekanisme;
organisasi, dan karakterisasi dari nilai
e. persepsi, kesiapan, respon terpimpin, mekanisme, respon yang kompleks,
organisasi, dan karakterisasi dari nilai


 
13. Di bawah ini merupakan beberapa keterampilan berpikir yang dikembangkan
Linn dan Gronlund, kecuali:
a. membandingkan
b. menjelaskan
c. hubungan sebab-akibat
d. memberi alasan..
e. meringkas

14. Di bawah ini adalah jenis perilaku yang dikembangkan Quellmalz, kecuali:
a. ingatan
b. analisis
c. perbandingan
d. penyimpulan
e. mencipta

15. Di bawah ini merupakan kaídah-kaidah dalam penulisan soal dilihat dari materi,
kecuali:
a. soal harus sesuai dengan indikator.
b. setiap pertanyaan harus diberikan batasan jawaban yang diharapkan.
c. materi yang ditanyakan harus sesuai dengan tujuan pengukuran.
d. ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
e. materi yang ditanyakan harus sesuai dengan jenjang jenis sekolah atau
tingkat kelas.

16. Penilaian yang meminta peserta didik untuk mendemonstrasikan dan
mengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks yang sesuai dengan kriteria
yang ditetapkan adalah:
a. penilaian projeck
b. penilaian kinerja
c. penilaian produk
d. penilaian portofolio
e. penilaian non tes

17. Validitas dalam penyusunan instrumen non tes yang mengacu berdasarkan teori
adalah:
a. validitas isi
b. validitas prediktif
c. validitas konstruk

Soal Siap UKG 2015

18. Pada tingkat mata pelajaran, kompetensi yang harus dicapai berupa:
a. stándar kompetensi
b. kompetensi dasar
c. standar kompetensi kelulusan
d. indikator-indikator kompetensi dasar
e. kompetensi komperhensip


19. Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang
diukur, hal tersebut merupakan prinsip penilian yang:
a. adil
b. obyektif
c. valid
d. sistematis
e. akuntabel

20. Penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur,
maupun hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang:
a. adil
b. obyektif
c. valid
d. sistematis
e. akuntabel

Soal Siap UKG Pedagogik PAUD, SD, SMP, SMA/SMK 

21. Penilaian yang dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti
langkah-langkah yang baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang:
a. adil
b. obyektif
c. valid
d. sistematis
e. akuntabel

22. Daftar pertanyaan merupakan bentuk instrumen untuk teknik penilaian:
a. tes tertulis
b. tes lisan
c. tes kinerja
d. jurnal
e. portofolio

23. Penilaian yang dapat menilai kemampuan dan tingkat pengetahuan yang dimiliki
peserta didik, sikap, serta kepribadiannya karena dilakukan secara langsung
adalah salah satu kelebihan dari teknik penilaian;
a. tes tertulis
b. tes lisan
c. tes perbuatan
d. wawancara
e. portofolio

24. Materi yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami, mata pelajaran lain
adalah hal penting dalam membuat soal berdasarkan kriteria:

25. Materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik adalah
pertimbangan untuk dimuat dalam butir-butir soal berdasarkan kriteria:
a. urgensi
b. kontinuitas
c. relevansi
d. keterpakaian
e. kompleksitas

26. Rumusan pokok soal tidak menggunakan ungkapan atau kata yang bermakna
tidak pasti seperti: sebaiknya, umumnya, kadang-kadang, kaidah penulisan soal
pilihan ganda berdasarkan kaidah:
a. materi
b. konstruksi
c. bahasa
d. etika
e. kejelasan

27. Aspek yang dinilai di antaranya meliputi: (1) tahap persiapan: pemilihan dan cara
penggunaan alat, (2) tahap proses/produksi: prosedur kerja, dan (3) tahap
akhir/hasil: kualitas serta estetika hasil karya, langkah-langkah tersebut adalah
penilaian dengan menggunakan teknik penilaian:
a. kinerja
b. produk
c. penugasan
d. lisan
e. wawancara

28. kecenderungan bertindak dalam perubahan tingkah laku melalui latihan dan
pengalaman dari keadaan tidak tahu menjadi tahu yang dapat diukur melalui:
toleransi, kebersamaan dan gotong-royong, rasa kesetiakawanan, dan kejujuran
adalah definisi operasional dari:
a. minat belajar
b. sikap belajar
c. motivasi berprestasi
d. stress belajar
e. aktivitas belajar

29. Hal-hal yang berhubungan dengan emosi atau perasaan dalam mengukur sikap
termasuk dalam dimensii:
a. kognisi

30. KKM sebagai acuan bagi pendidik dalam menilai kompetensi peserta didik sesuai
kompetensi dasar mata pelajaran yang diikuti. Pernyataan tersebut merupakan:
a. fungsi KKM
b. prinsip KKM
c. tujuan KKM
d. manfaat KKM
e. peran KKM

Soal Siap UKG Pedagogik 2015 PAUD, SD, SMP, SMA/SMK

31.Ada beberapa teknik dan alat penilaian yang dapat digunakan pendidik sebagai
sarana untuk memperoleh informasi tentang keadaan belajar peserta didik.
Berikut ini yang merupakan teknik penilaian melalui tes adalah...
a. tes perbuatan
b. teknik wawancara
c. observasi
d. tes simulasi
e. lembar penilaian fortofolio

32. Kisi-kisi yang baik harus memenuhi persyaratan berikut ini, kecuali...
a. kisi-kisi harus dapat mewakili isi kurikulum
b. menggunakan kata kerja operasional
c. komponennya diuraikan secara jelas dan mudah dipahami
d. materi yang hendak ditanyakan dapat dibuatkan soalnya
e. kisi-kisi harus dapat mewakili materi yang telah diajarkan secara tepat dan
proposional

33. Menggunakan kata kerja operasional yang tepat, serta dapat dibuatkan soal atau
pengecohnya merupakan syarat dari...
a. penyusunan kisi-kisi
b. penentuan dan penyebaran soal
c. penulisan soal bentuk penilaian kinerja
d. penyusunan butir soal tes tertulis
e. perumusan indikator soal

34. Dalam penulisan soal bentuk uraian hal yang sulit adalah menyusun pedoman
penskorannya.
Berdasarkan
metode
penskorannya.
bentuk
uraian
diklasifikasikan menjadi 2 yaitu....
a. uraian objektif dan uraian non-objektif
b. komunikatif dan inovatif
c. evaluasi dan analisis
d. kesimpulan dan pendapat
e. justifying dan inferring


35. Sebuah penilaian yang meminta peserta didik untuk mendemonstrasikan dan
mengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks yang sesuai dengan kriteria
yang ditetapkan adalah:

36. Minat adalah kesadaran yang timbul bahwa objek tertentu sangat disenangi dan
melahirkan perhatian yang tinggi bagi individu terhadap objek tersebut. Pendapat
ini dikemukakan oleh...
a. Cror and Crow
b. Grondlund
c. Crites
d. Thrustone
e. Donal Cambell

37. Bentuk instrumen berupa daftar pertanyaan untuk teknik penilaian berikut ini
adalah...
a. tes tertulis
b. tes lisan
c. tes kinerja
d. jurnal
e. portofolio

38. Yang merupakan tes kreativitas adalah...
a. tes verbal
b. tes lisan
c. tes analisis
d. tes mengelompokkan
e. evaluasi

Soal Siap UKG Pedagogik 2015 UKKS dan UKPS

39. Tahap persiapan, tahap proses/produksi dan tahap akhir/hasil, merupakan
beberapa aspek yang dinilai dalam penilaian...
a. project
b. product
c. performance Assessment
d. verbal
e. kinerja

40. Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali....
a.
sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti
penilaian mata pelajaran
b. merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata
pelajaran
c. merupakan kontrak pedagogik antara pendidik dengan peserta didik dan
antara satuan pendidikan dengan masyarakat
d. dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi
program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
e. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan mellaui
metode kualitatif atau kuantitatif.


Update Baru 
41. Jika KKM mata pelajaran Matematika adalah 3,00, sedangkan Amin mendapat nilai 3,01, Bani mendapat nilai 2,75, Candra mendapat nilai 3,5 dan Dedy mendapat nilai 3,05, maka yang mndapat nilai tuntas adalah :
a. Amin
b. Bani
c. Candra
d. Dedy

42. Guru dapat berbagi media pembelajaran yang dibuat dengan menggunakan media berikut ini, kecuali :
a. Facebook
b. Blog
c. Youtube
d. 4shared

Monday, 14 November 2016

5 JENIS MAKANAN YANG HARUS KAMU KONSUMSI AGAR SEHAT

Selamat malam sobat blogger,
banyak sekali jenis makanan di dunia ini. namun, ada beberapa jenis makanan yang wajib sobat konsumsi agar sobat semakin sehat. apa saja jenis makanan itu? ayo sobat simak

1. Protein
Konsumsilah 1 gram protein untuk setiap 500 gram berat badan kamu. Pritein yang baik bisa kamu dapat dari ikan dan telur. Bagilah kebutuhan protein tubuh tubuh menjadi 3 waktu, yaitu pagi, siang, dan malam.

2. Karbohidrat Kompleks
Karbohidrat kompleks merupakan sumber energi tubuh yang juga digunakan untuk membentuk otot baru dan dapat ditemukan pada berbagai jenis sayuran, kentang dan gandum.

3. Kurangi Konsumsi Karbohidrat Sederhana
Yang dimaksud dengan karbohidrat sederhana adalah gula, yang banyak ditemukan pada minuman bersoda, minuman beralkohol, roti putih, dan nasi putih.

4. Kurangi Konsumsi Lemak
Kurangilah konsumsi lemak trans, lemak jenuh, dan lemak hewani dengan cara menghindari konsumsi makanan siap saji dan makanan olahan.

5. Konsumsi Lemak Sehat
Konsumsilah berbagai jenis makanan yang merupakan sumber lemak sehat seperti minyak zaitun, selai kacang, dan ikan.

Gimana sobat? selamat mencoba ya sob....

Makan terlalu cepat bikin penyakit?

Assalamuaikum sobat blogger,
selamat malam semua,
sudah makan malam? kalau belum cepat makan ya, kali ini saya akan membahas tentang masalah makanan. berapa cepat sobat kalau sobat makan? sebaiknya jangan terlalu cepat ya karena makan terlalu cepat dapat menaikan asam lambung akibat proses mencerna yang tidak sempurna. Selain itu makan terlalu cepat mampu membuatmu mengalami kembung dan cegukan karena saat makan dengan cepat, kamu juga menelan banyak udara.

Jadi sebaiknya kamu makan secara perlahan, dan berikut 3 keuntungan makan secara perlahan
disimak baik-baik ya sobat.1. Mengurangi stres
Ketika kamu makan dengan perlahan, maka kamu bisa menikmatinya secara menyeluruh dan akan membuatmu merasa bahagia. Selain itu, makan secara perlahan, dapat melepas dari stres loh sob.

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan
Dengan Makan dengan perlahan maka sobat mampu menggiling atau mencerna makanan kamu dengan baik. Dan saat proses ini terjadi, daya pencernaanmu juga akan bertambah.

3. Menurunkan berat badan
Ketika sobat makan dengan terlalu cepat, sobat akan terus menambah porsi makananmu. Akibatnya sobat jadi tidak sadar bahwa sobat sudah makan banyak.
Namun saat sobat makan dengan perlahan, sobat memiliki banyak kesempatan untuk memahami makanan yang sobat konsumsi. Sehingga sobat hanya makan secukupnya.


Gimana sobat? sudah tau manfaatnya kan, jadi makanlah secukupnya ya, jangan terlalu cepat dan jangan terlalu banyak makan ya.......

Saturday, 12 November 2016

Pernahkah mata anda berkedut sendiri?

Selamat malam sobat blogger,
bagaimana malam mingguannya? semoga menyenangkan. kali ini saya ingin menshare info tentang mata berkedut. Pernakah sobat mengalami mata berkedut sendiri? hem, kalau pernah mengalami mata berkedut sendiri, mungkin ini penyebab mata sobat berkedut, ayo simak baik-baik ya.

Mata kedutan, atau dalam istilah medis disebut myokymia, adalah kondisi ketika otot kelopak mata mengalami kontraksi kecil dan cepat di luar kendaliMata kedutan bisa terjadi di salah satu mata atau kedua mata, dan bisa berlangsung selama beberapa detik hingga menit.



https://www.klikdokter.com/info-sehat/mata/mata-kedutan-ini-penyebab-dan-cara-mengatasinya

1. Stres

Pernahkah sobat mengalami stres? Ketika sobat terlalu stres, kadang tubuh bereaksi dengan cara yang aneh. Salah satunya adalah dengan berkedut secara sering.

2. Ketegangan di mata

Saat sobat sebenarnya memerlukan kacamata namun tidak memakainya, bisa terjadi ketegangan di mata. Dan hal ini akan berakibat dengan seringnya matamu berkedut.

3. Konsumsi kafein

Bagi sobat yang terlalu banyak konsumsi kopi, sebaiknya waspada, mungkin karena terlalu banyak mengkonsumsi kopi yang mengandung kafein setiap harinya bisa membuat mata jadi berkedut.

4. Kekurangan nutrisi

Kurangnya elektrolit, vitamin B12, vitamin D, magnesium, dan kalium berpotensi menyebabkan mata jadi sering berkedut.

5. Alergi

Saat seseorang mengalami alergi, maka mata mereka jadi gatal, bengkak, dan berair. Saat mata digosok, terjadi pelepasan jaringan histamin ke dalam jaringan mata yang menyebabkan kelopak mata sering berkedut.

6. Kurang tidur

Kurangnya waktu untuk tidur bisa berkorelasi dengan seringnya mata berkedut.

Lalu, bagaimana cara untuk mengurangi kedutan di mata?

Kurangi konsumsi kafein, sering melakukan senam mata, mengurangi stres, serta jangan lupa untuk selalu tidur dengan waktu yang cukup ya.

Ayo para sobat blogger, jaga kesehatan ya.


Featured post

PENDAFTARAN SISWA BARU SMA PGRI 1 SINDANG TAPEL 2016/2017

BINGUNG !!! GAK BISA MELANJUTKAN SEKOLAH KARENA BIAYA, DAFTARKAN DIRIMU KE : SMA PGRI 1 SINDANG BEBAS BIAYA PENDAFTARAN BEBAS UAN...